Chapter Banda Aceh di www.atjehpost.com

http://atjehpost.com/read/2012/04/20/7100/0/17/Mau-Keluar-Negeri-Ikuti-Seleksi-Pertukaran-Pelajar-Bina-Antar-Budaya

BANDA ACEH - Untuk mempersiapan putra-putri terbaik Aceh dalam pertukaran pelajar ke Eropa, Amerika dan Jepang untuk tahun depan, Bina Antar Budaya melakukan seleksi terhadap 267 siswa kelas 1 SMA sederajat dari Sembilan Kabupaten/Kota di Aceh.

Muhammad Fathun, Project Officer Bina Antar Budaya Jumat 20 April 2012 kepada The Atjeh Post mengatakan tahun ini antusiasme siswa di Aceh untuk ikut dalam kegiatan tersebut sangat pesat, dibandingkan tahun lalu yang hanya sekitar 150 peserta.

"Seleksi akan dilakukan secara serentak di tiga kota yaitu Banda Aceh, Meulaboh dan Lhokseumawe, Sabtu, 29 April 2012 mendatang. Proses seleksi juga dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia,” katanya.

Proses seleksi terdiri dari tiga tahap yaitu seleksi awal, terdiri dari ujian tulis di mana soal-soalnya langsung didatangkan dari Jakarta. Ke dua tahap wawancara dalam bahasa inggris dan tes kepribadian, dan terakhir adalah tahapan terakhir adalah dinamika kelompok.

Uniknya dalam tahapan seleksi ini tidak ada quota untuk jumlah peserta, sehingga berapa pun jumlah peserta yang lolos seleksi sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Bina Antar Budaya Indonesia akan dikirim ke Negara di atas.

“Kalau yang lolos tiga orang, atau lima orang ya kita kirim semua, di sini kita juga berlaku sistem gugur,” kata Fathun.

Dari seleksi yang dilakukan pada tahun lalu memberangkatkan dua orang siswa pada tahun 2012 yaitu Silmi Ahya dari Modal Bangsa dan Ashabul Yamin dari SMA 2 Banda Aceh.

Sedangkan seleksi tahun 2010 hanya lolos satu orang untuk keberangkatan pada tahun 2011 yaitu Alfi yang sekarang berada di New York.

“Kegiatan pertukaran pelajar ini hanya boleh diikuti oleh kelas satu SMU, jadi kesempatan sekali seumur hidup,” tandas Fathun.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengumuman Finalis Chapter Banda Aceh Asia Kakehashi Program YP 2022-2023

Pengumuman Finalis Chapter Banda Aceh KL YES Program YP 2022-2023

Pengumuman Hasil Seleksi Tahap I KL-YES YP 2022-2023 Bina Antarbudaya Chapter Banda Aceh