3 Siswa Binabud Banda Aceh Lolos YES





http://atjehpost.com/read/2012/12/18/31963/47/6/3-Siswa-Aceh-Lolos-Beasiswa-Youth-Exchange-and-Study-ke-Amerika

BANDA ACEH - Setelah melewati lima tahap Seleksi Pertukaran Pelajar Bina Antarbudaya, tiga siswa Aceh mendapatkan beasiswa penuh YES (Youth Exchange and Study) ke Amerika Serikat selama satu tahun.

Tiga siswa tersebut adalah Shafa Sharvina dari Pesantren Darul Ulum Banda Aceh, Wildan Ghiffarazi dari SMAN 10 Fajar Harapan dan Amalia Suri dari SMA Sukma Bangsa Lhokseumawe.
Seleksi tahap pertama meliputi pengetahuan umum, bahasa Inggris dan essai yang diadakan di Banda Aceh, Meulaboh dan Lhokseumawe. Kemudian siswa yang dinyatakan lolos ke tahap dua akan mengikuti wawancara kepribadian dan wawancara bahasa Inggris di Banda Aceh.

Siswa yang lulus dari tahap ketiga berupa dinamika kelompok dinyatakan sebagai finalis Bina Antarbudaya Chapter Aceh yang kemudian akan diseleksi administrasinya di tingkat nasional. Lima siswa Aceh yang dinyatakan lulus di nasional di undang ke Jakarta pada akhir November 2012 lalu.
“Saat ini siswa akan mengurus berkas keberangkatan dan visa ke Amerika, meraka akan berangkat pada bulan Agustus 2013,” kata Fathun, ketua panitia seleksi kepada ATJEHPOSTcom melalui rilis yang diterima Selasa, 18 Desember 2012.

Selama di Amerika, tiga siswa ini akan tinggal dengan keluarga angkat dan bersekolah selama satu tahun. Mereka juag akan melakukan presentasi untuk mengenalkan Indonesia dan Aceh secara khusus.
Saat ini Bina Antarbudaya chapter Aceh sudah mengirimkan dua siswa yang sedang mengikuti program di North Carolina yaitu Ash Habul Yamin dari SMAN 2 Banda Aceh dan Silmi Ahya dari SMAN 2 Modal Bangsa serta Siti Maysarah dari SMAN 1 Langsa yang baru kembali dari Jepang setelah mengikuti program jangka pendek Kizuna selama dua minggu.

Selain program ke Amerika Serikat, Bina Antarbudaya juga memberi kesempatan ke Eropa dan Jepang melalui program AFS (American Field Service). Seleksi untuk program pertukaran pelajar Bina Antarbudaya setiap tahunnya dimulai bulan April khusus untuk siswa kelas satu Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sederajat.[] (ihn)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengumuman Finalis Chapter Banda Aceh Asia Kakehashi Program YP 2022-2023

Pengumuman Finalis Chapter Banda Aceh KL YES Program YP 2022-2023

Pengumuman Hasil Seleksi Tahap I KL-YES YP 2022-2023 Bina Antarbudaya Chapter Banda Aceh